Studio Recording

Musik merupakan media komunikasi yang efektif untuk para pendengarnya. Setiap musik pasti banyak informasi yang bisa tersampaikan dengan baik mengenai informasi di dalamnya. Misalnya ketika kamu kecil, kamu tau warna pelangi pasti dari lagu kan? atau kamu tau nama-nama hari pun pasti dari lagu.

Nah karena itu ada sebuah penelitian dari Inggris yang mengatakan bahwa manusia akan lebih memingat informasi apapun jika di disampai lewat media musik.

Ketika dunia sedang di landa pandemic covid-19, ternyata musik pun punya peran penting. menurut penelitian dari Universitas Ata Jaya, secara tidak langsung musik bisa memberi pesan untuk mencegah penyebaran virus berbahaya tersebut. ksudah dicontohkan dari kejadian di Vietnam yang ternyata berhasil membantu masyarakatnya dalam memahi pandemic ini melalui video musik pendekdan tak sedikit dokter-dokter membuat video bagaimana cara mencuci tangan yang benar.

Terus gimana cara kerja musiknya?

manusia merupakan makhluk hidup yang bertipe audio-visual, dimana kita akan lebih memilih informasi yang disampaikan lewat dua elemen. Jadi dengan musik bisa menarik perhatian kita untuk mau mendengarkan sebuah informasi sampai beres. Makanya biasanya pencipta konten tersebut membuat informasinya di balut animasi atau apapun yang diiringi dengan musik.

Namun bukan berati orang-orang tidak suka dengan artikel berita ya, karena tidak semua menyukai konten tekstual. Nah dengan begitu infromasi tentang covid bisa lebih kuat karena secara tidak langsung orang-orang akan mendengarkannya dan menikmatinya, sehingga maknanya pun dapat.

Lalu ada juga penelitian dari Universitas California, dimana ada bagian tertentu di otak yang bisa berhubungan dengan emosi dan ingatan, bagian tersebut akan aktif bila dipicu oleh sebuah alunan msuik. Melodi di setiap musik itu akan menyusun informasi sehingga mudah akan diingat kembali. Mungkin ini terkesan sederhana tapi tanpa disadari pun kamu akan berpikir ‘iya juga ya’.

Kemudian penelitian lain juga menjelaskan bahwa semakin banyak indera yang bisa menangkap suatu informasi, maka akan lebih cepat untuk diingat. Pada dasarnya pun pasti setiap guru atau dosen sedang menjelaskan, biasanya kita tidak diperbolehkan untuk menulis terlebih dahulu. Kita pasti dihasukan untuk memperhatikan dahulu karena dengan mendengar dan melihat pasti akan lebih optimal dalam menangkapnya.

Makanya konteks informasi menegenai covid-19 melalui video musik akan jauh efektif dan bisa dengan mudah menerapkannya.

Tidak hanya itu, musik pun ternyata punya dampak positif loh buat kesehatan, ada penelitian yang mengatakan bahwa musik bisa meningkatkan imunitas pada tubuh dan bisa menghasilakn hormone oksitoksin dan dopamin pada manusia. Kalian pun sepertinya sudah tahu, bhawa imunitas tubuh setiap orang harus kuat agar bisa terhindar dari covid-19.

Dengan imun yang baik, virus yang masuk ke tubuh pun akan di tolak dan musik bisa menjadi salah satu yang bisa mendorong imun tersebut. Selain bisa meningkatakan imun pada tubuh, secara tidak lansgung musik akan memberikan dampak yang positif dalam kehidupan sosial.

Ketika bernyanyi ternyata bisa memerbikan dampak positif bagi sosial, spiritual dan emosi. Banyak masyarakat di luar negeri sering menghibur diri dengan bernyanyi di balkon rumah saat sedang di karantina. Karena dengan begitu, secara tidak langsung kita bisa menghibur diri dan bisa menunjukan bahwa musik bisa memberikan pengaruh yang positif bagi banyak orang. Selain itu dengan mendengarkan musik bisa menumbuhkan sikap optimis untuk melawan pandemi ini.

Author

Joseph@17Hertz.com
Total post: 8

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *